Infrastruktur Kereta Api Indonesia kembali Menjadi Sorotan

 

Pameran Konstruksi 2017 – Saat ini, Kementerian perhubungan merasa bahwa masih ada beberapa kendala yang terjadi dalam hal pembangunan infrastruktur untuk transportasi kereta api di Indonesia.

 

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Umiyatun Haryati Triastuti selaku Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian perhubungan, yang mengaku bahwa saat ini pemerintah masih berusaha untuk menghadapi beberapa kendala terkait dengan infrastruktur transportasi kereta api, salah satunya adalah sumber daya manusia, anggaran, regulasi lintas instansi, penyediaan lahan, dan lain sebagainya.

 

“Kalau kita berbicara mengenai masalah perkeretaapian, maka kita harus membicarakannya secara keseluruhan, antar moda. Sebagai contoh, di Papua simpulnya berada di pelabuhan. Hal ini juga terkait antarsektor. Apa saja yang bisa dikembangkan, apa yang akan di angkut, serta bagaimana perkembangan ini bekerja secara simultan,” ujar Haryati.

 

Tak hanya itu, Haryati juga mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan pemerintah masih terus berupaya melakukan koordinasi untuk mengintegrasikan seluruh angkutan publik. Tak hanya saja, Haryati juga mengaku bahwa pihaknya telah menggaet beberapa stakeholder untuk selanjutnya dilakukan pengkoordinasian antar program infrastruktur.

 

“Saat ini kita sudah berbicara mengenai 20 tahun kedepan, dan sudah seharusnya untuk mulai direncanakan dengan baik sejak dini,” tambahnya.

 

Sebagai informasi, setidaknya dalam beberapa tahun kedepan ada beberapa program yang dicanangkan oleh Ditjen Perkeretaapian, antara lain seperti Pembangunan jalur KA Prabumulih, Sumatera Selatan, Jalur KA Makassar – Parepare, hingga  yang teranyar adalah pembangunan jalur KA Bandar Tinggi- Kuala Tanjung, yang berada di Sumatera Utara.

 

Dalam beberapa bulan kedepan juga akan diadakan acara pameran pembangunan atau pameran bahan bangunan terbesar di Indonesia bertajuk Indonesia Infrastructure Week 2017 yang akan diadakan pada tanggal 8-10 Desember di Jakarta convention Center. Dalam acara tersebut juga nantinya akan dibahas tentang bagaimana progress pembangunan dari mass rapid transit (MRT) fase I serta fase II di Jakarta, dan berbagai infrastructure traffic lainnya.

 

Acara ini juga akan dihadiri oleh puluhan bahkan ratusan praktisi, profesional, hingga investor di bidang infrastruktur baik dalam maupun luar negeri, untuk secara bersama-sama saling mendapatkan peluang menguntungkan dalam satu tempat. Untuk itu, bagi Anda para profesional ataupun praktisi dibidang infrastruktur Transportasi dan lain sebagainya bisa langsung mengunjungi website nya DISINI untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *