Ternyata Waterproofing Bisa untuk Lantai Kamar Mandi

      Comments Off on Ternyata Waterproofing Bisa untuk Lantai Kamar Mandi

 

Sebagai komponen rumah yang senantiasa berair, kamar mandi berpotensi memunculkan problem seperti dinding lembab dan berjamur atau flek pada plafon. Sebelum terlanjur, cegah problem ini dengan waterproofing. Air yang merembes pada bangunan mengakibatkan kelembaban yang pada ujungnya memunculkan jamur, flek, malah kerusakan yang lebih parah pada bangunan. Untuk mencegah terjadinya hal seperti ini, Anda dapat mengaplikasikan waterproofing (pelapis anti bocor) yang bermanfaat mencegah air masuk ke dalam bangunan. Dikala ini komponen rumah yang banyak dilapisi waterproofing merupakan dinding luar rumah yang terkena panas dan hujan. Tetapi, di dalam rumah masih banyak komponen-komponen yang sebaiknya dilindungi material yang satu ini. Kamar mandi, merupakan salah satunya seperti epoxy lantai.

Pelapis Anti Bocor Hakekatnya, yang disebut waterproofing merupakan sejenis cat yang anti bocor. Berdasarkan Dewi Aledja (PT Shell Indonesia), yang akrab disapa Kiki, bahan ini mencegah penetrasi air pada bangunan yang menyebabkan kelembaban. Sebab itu, waterproofing umumnya dipasang pada daerah-daerah yang rawan terjadi rembesan air, seperti pada dinding luar rumah, karpusan, talang air, dak beton, serta kamar mandi. “Waterproofing berbahan dasar bitumen, atau yang sering kali disebut dengan aspal,” terang Kiki.

Dengan teknik tertentu, bitumen ini diaplikasikan dalam situasi dingin supaya dia mempunyai energi lekat lebih kuat. Bitumen ini kemudian dilarutkan dengan bahan kimia khusus atau air. “Bahan pelarut yang terbuat dari bahan kimia tak ramah lingkungan. Kecuali itu, orang bisa merasa pusing pengaruh bahan kimia hal yang demikian,” ungkap Kiki. Sebab itu, berdasarkan Kiki sebaiknya pilihlah bahan pelarut yang terbuat dari air. Waterproofing terbagi atas dua variasi, yakni waterproofing untuk dalam-ruang dan waterproofing untuk luar-ruang. Variasi dalam- ruang harganya lebih ekonomis sebab tugasnya tak seberat yang untuk luar-ruang. Waterproofing dalam-ruang ini antara lain diaplikasikan pada dinding serta lantai kamar mandi. Waterproofing luar-ruang lebih bendung kepada perubahan cuaca seperti cahaya sang surya dan hujan. Umumnya, yang mengaplikasikan waterproofing variasi ini merupakan komponen-komponen yang terkait dengan luar rumah seperti karpusan, talang, dan dinding rumah komponen luar.

Baca : jasa Epoxy Lantai Terpercaya

Kamar Mandi Sumber Bocor Di dalam kamar mandi, problem yang paling sering kali terjadi merupakan merembesnya air ke dalam dinding atau lantai. Apalagi, kebanyakan kamar mandi di Indonesia merupakan kamar mandi berair, sehingga air sering kali menggenang dalam waktu cukup lama. Air yang merembes tadi menjadi problem jika rembesannya hingga ke dinding di luar kamar mandi. Alhasil lebih parah lagi, jikalau kamar mandi berlokasi di lantai 2, air yang masuk ke lantai dapat merembes ke plafon lantai di bawahnya. , dinding dan plafon menjadi lembab dan muncul bercak-bercak serta ditumbuhi jamur. Tentu ini amat mengganggu panorama.

Untuk mencegah timbulnya problem hal yang demikian, mesti ada yang menghambat masuknya air ke dalam lantai atau dinding kamar mandi. Bahan yang dapat mengeblok air hal yang demikian merupakan waterproofing. “Untuk lantai kamar mandi, bahan pelapis ini dipasang di bawah acian semen yang diaplikasikan untuk melekatkan ubin serta pada muara pipa pembuangan di lantai (floor drain),” ujar Kiki. “Sementara itu, pada dinding kamar mandi yang perlu dilapisi waterproofing merupakan dinding sekitar trek pipa-pipa air. Ini dijalankan untuk mencegah merembesnya air jika terjadi kebocoran”, jelasnya.