Media Sosial Bisa Menjadi Profesi, Ini Caranya

      Comments Off on Media Sosial Bisa Menjadi Profesi, Ini Caranya

Freelancer Indonesia – Lebih dari sekedar memanfaatkan pesan berantai BBM yang mengabarkan lowongan kerja, kiat-kiat di bawah ini akan menolong Anda mengeksplorasi media sosial untuk memperbesar kesempatan memperoleh profesi di perusahaan hasrat Anda.

fb

1. Membangun Profil Menarik

Bicara profil profesional, mungkin Anda seketika terpikir LinkedIn atau Instagram sebagai media portfolio visual Anda di dunia maya. Tapi, media populer lain semacam Facebook dan Twitter juga bisa Anda format untuk memperlihatkan sisi-sisi profesional Anda, seumpama dengan mencantumkan sebagian kata kunci strategis mengenai industri kerja Anda di kolom ‘Atensi’ pada Facebook atau simpulan pencapaian Anda di profil Twitter. Jangan lupa ‘dandani’ juga profil LinkedIn Anda.

2. Jadi Proaktif

Jangan ragu untuk berinteraksi dengan akun-akun pemain dalam industri yang Anda incar. Tetapi sebelum Anda membombardir halaman mereka dengan permintaan lowongan kerja, coba ‘dekati’ mereka dengan metode lebih elegan, seperti memberi komentar yang relevan atau pertanyaan cerdas.

Anda juga bisa menyematkan hashtag relevan yang akan menarik perhatian perusahaan idaman Anda dan mempermudah perekrut untuk menemukan situs Anda. Kecuali itu, laman seperti Quora juga bisa Anda manfaatkan untuk berbagi isu dan ilmu yang mungkin akan menarik perhatian orang-orang ideal.

3. Pakai Sebagai Sistem Riset Unik

Konten jejaring sosial sebuah perusahaan atau bisnis biasanya dikurasi untuk merefleksikan tradisi dan gaya kerja mereka. Sebab itu, ketimbang cuma membaca profil mereka di Wikipedia, coba ikuti akun jejaring sosial perusahaan idaman Anda untuk menilai kecocokan kepada tradisi kerja mereka.

Anda juga dapat memakai riset ragam ini untuk menolong Anda bercahaya ketika wawancara. Katakanlah perusahaan prospektif Anda kerap kali men-upload foto outing karyawan. Saat Anda ditanya alasan Anda memilih perusahaan hal yang demikian, alih-alih memberi jawaban generik bermakna ganda, mungkin Anda dapat menyelipkan isu hal yang demikian dalam jawaban Anda untuk menampilkan bahwa Anda sudah menjalankan persiapan komplit dan benar-benar antusias berkeinginan bergabung.

4. Jangan Lupa Networking dari Bawah

Berkenalan dan menjalin komunikasi dengan pegawai di perusahaan hasrat Anda juga adalah salah satu cara untuk mendekatkan Anda dengan profesi yang diincar. Perusahaan kerap kali mencantumkan isu pencarian kandidat pegawai di akun social media mereka, tetapi tak segala lowongan akan diiklankan.

 

Info Selengkapnya : Fastwork