Cahaya Pas di Ruang Kerja

      Comments Off on Cahaya Pas di Ruang Kerja

Kesibukan yang kerap kali dijalankan di ruang kerja, salah satunya merupakan membaca. Untuk menerima kenyamanan dikala membaca, karenanya diperlukan pencahayaan buatan yang ideal.

Berdasarkan Arwin Amir, lighting specialist, setidaknya ada empat elemen berhubungan pengendalian pencahayaan buatan. Empat elemen hal yang demikian ialah pola kegiatan, warna lampu, arah cahaya dan peletakkan lampu, serta umur pengguna. Elemen pertama, Tiap-tiap variasi kegiatan akan memberi pengaruh jumlah lampu yang dipakai juga penempatannya.

Kesibukan berbeda membutuhkan intensitas sinar berbeda. Contohnya, ruang kerja berada di ruang keluarga, karenanya tambahkan standing lamp di sudut ruang kerja. Kecuali lampu utama yang menerangi segala ruang keluarga. Elemen kedua, ada dua variasi warna lampu adalah kampu pijar dan lampu berpendar. Masing-masing memiliki cahaya atau sinar berbeda. Warna-warna inilah yang akan memberi pengaruh kenyamanan Anda dikala berada dalam sebuah ruangan.

Lampu pijar bagus dipakai untuk ruang kerja, warnanya memberikan nuansa kehangatan dan efek bagus untuk mata. Elemen ketiga, arah cahaya dan peletakan lampu yaitu elemen penting dalam pembenahan lampu. Posisi lampu perlu dibatasi supaya sinarnya dapat menerpa benda yang terkena cahayanya. Untuk ruang kerja, letak lampu baca idealnya berada di antara sudut 30 derajat dan 60 derajat dari permukaan baca. Elemen keempat, berhubungan umur pengguna.

Artinya, kian tua usia manusia karenanya kian tinggi keperluan intensitas sinar lampu. Sensitifitas pupil mata menangkap sinar akan kian berkurang dengan bertambahnya usia. Maka, usahakan intensitas lampu yang diaplikasikan di ruang kerja disesuaikan dengan umur penggunanya.