Pesan Yang Disampaikan Pada Hari Guru Nasional

      Comments Off on Pesan Yang Disampaikan Pada Hari Guru Nasional

teacher

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati tiap pada tanggal 25 November. Pada tahun ini HGN mengangkat tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pengajaran Abad 21”. Menteri Pengajaran dan Kebudayaan ( Mendikbud) Muhadjir Effendy memperkenalkan Kemendikbud akan menggelar puncak peringatan hari guru nasional pada 1 Desember 2018 akan datang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat dan rencananya akan dihadiri lantas Presiden RI Joko Widodo.

Mendikbud Muhadjir juga sudah mengeluarkan ceramah tertulis dalam menyambut Hari Guru Nasional. Apa saja nilai penting yang disajikan?

1. Tantangan guru abad 21 Kemendikbud membeberkan latar belakang tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pengajaran Abad 21” tahun ini. Kemendikbud memperhatikan tantangan pengajaran abad 21 kian berat sehingga memerlukan peningkatan profesionalisme guru.

Kemendikbud Gelar Jalan Sehat Pemerintah mengajak semua guru mempunyai sikap mental dan janji untuk senantiasa meningkatkan mutu supaya mempunyai kompetensi pantas dengan perubahan zaman.

2. Manfaatkan kemajuan teknologi Menjelang revolusi industri 4.0, guru diimbau cakap memanfaatkan perubahan teknologi dan info yang super pesat itu untuk meningkatkan mutu pengerjaan belajar mendidik di sekolah sehingga cakap mewujudkan tamatan berkompetensi global.

3. Peran guru tak tergantikan Mendikbud memperkenalkan, padahal teknologi info berkembang betul-betul pesat dan sumber info betul-betul gampang ditemukan, peran guru tak akan tergantikan kemajuan teknologi. Tugas guru sebagai pengajar dalam menanamkan poin dan karakter yang berhubungan dengan integritas dan kepribadian ialah hal yang tak bisa digantikan oleh teknologi.

4. Merubah sisi negatif menjadi positif Masih berhubungan perkembangan teknologi dan info, pemerintah via Kemendikbud mengajak para guru untuk cakap menuntun potensi positif teknologi info alih-alih terkena akibat positifnya.

5. Titipan amanah bangsa Pemerintah via Kemendikbud mengajak para guru untuk mewujudkan Hari Guru Nasional sebagai pemicu motivasi membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa berbudaya, cerdas, berkwalitas dan berkarakter serta cakap berkompetisi secara global.

Bangsa Indonesia menitipkan amanah terhadap Bapak dan Ibu Guru untuk memelihara, memaksimalkan jati diri dan menyusun karakter generasi penerus bangsa sehingga menjadi bangsa tangguh, mandiri, berdaya saing dan penuh toleransi.