Festival Makanan Unik di Indonesia Tahun Ini

      Comments Off on Festival Makanan Unik di Indonesia Tahun Ini

Dikala berlibur tak lepas dari merasakan aneka masakan, karenanya bermunculan festival-festival masakan. Ada banyak festival masakan di Indonesia. Tapi berikut 5 festival masakan unik di Indonesia yang berlangsung pada tahun ini.

Baca Juga : Jual Stand Banner

1. FESTIVAL JAJANAN KEKINIAN di YOGYAKARTA

Festival masakan ini berlangsung di Yogyakarta, tepatnya di Jogja Expo Center, Bantul, dan berlangsung pada 23-27 September 2015 yang lalu. Rencananya tahun depan festival hal yang demikian akan kembali diselenggarakan.

Keunikan festival ini ialah mencontoh popularitas masakan yang tengah berkembang di Indonesia, terpenting di kalangan buah hati muda. Pihak panitia menyasar pegiat usaha masakan kreatif untuk mengisi festival hal yang demikian. Karcis masuknya cuma Rp 5.000 dan pengunjung dapat membeli aneka makanan unik dari 130 stan yang berpartisipasi. Ucap saja seperti kudapan manis cubit, pelbagai tipe es krim, churros, mocha sampai cotton candy.

Beberapa besar masakan yang tengah populer di Yogyakarta. Acara ini juga ikut diramaikan dengan parade disc jockey (DJ) dan Splash Color Party tiap harinya. Sebagian kesibukan seperti kelas memasak, pertandingan makan pudding dan sushi, serta workshop oleh para chef juga ikut memeriahkan acara yang perdana digelar tahun ini.

2. BALI INTERFOOD FESTIVAL di BALI Bali InterFood

Festival adalah festival masakan yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali. Pada tahun 2015, festival hal yang demikian sudah digelar untuk kedua kalinya. Acara ini berlangsung pada 3-5 September 2015 di Bali Nusa Dua Convention Centre, Nusa Dua, Bali. Dalam festival ini, masakan lokal ialah makanan tradisional Bali ditampilkan pada pengunjung. Kecuali itu, pameran aneka kelengkapan makanan dan minuman sampai pameran bahan baku makanan juga tampil di festival ini.

Tidak cuma itu, digelar pula beraneka persaingan. Ada pula pameran Bali Coffee, Bali All Packaging dan Bali Wine&Spirits. Sempurna sebanyak 100 perusahaan berpartisipasi dalam festival hal yang demikian. Bali InterFood Festival 2015 digelar 3-5 September dengan pelbagai acara seperti pameran masakan, pameran kelengkapan yang berhubungan dengan makanan dan minuman serta pelbagai persaingan makanan dan minuman.

3. FESTIVAL SATE dan SOTO NUSANTARA di SUMATERA BARAT

Festival masakan yang konsentrasi pada makanan sate dan soto pada tahun 2015 bertempat di Kota Padang, Sumatera Barat. Acara berlangsung pada 5-6 September 2015 dan berlangsung di halaman Museum Adityawarman, Kota Padang.

Dalam festival itu, sebagai tuan rumah, Kota Padang menonjolkan masakan tradisional berupa sate dan soto khas Sumatera Barat. Festival ini bertujuan untuk membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masakan di Kota Padang, termasuk sistem mempromosikan masakan. Kecuali sate dan soto khas Sumatera Barat, juga disampaikan sate dan soto serta masakan lain dari pelbagai tempat. Ada sekitar 40 stan yang mengisi festival ini.

4. FESTIVAL KAMPOENG TEMPO DOELOE di JAKARTA

Pengunjung dapat mencicipi beraneka sajian masakan jadul di festival masakan “Kampoeng Tempo Doeloe”. Festival masakan ini masih dalam rangkaian Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2015 yang digelar di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 13 Mei sampai 7 Juni 2015. Dalam festival hal yang demikian menghadirkan suasana Pelabuhan Sunda Kelapa ke dalam acara ini.

Tema Pelabuhan Sunda Kelapa dipilih untuk mengingatkan para pengunjung, lebih-lebih yang berasal dari Jakarta, jikalau terdapat sebuah wilayah yang pernah menjadi ikon penting bagi Jakarta yang telah ada semenjak ratusan tahun lalu.

Festival makanan ini ikut dimeriahkan 117 tenant yang tersaji dalam wujud booth juga gerobak dan menyampaikan lebih dari 200 tipe tipe hidangan masakan. Tidak cuma menyampaikan beraneka masakan khas Jakarta seperti ketoprak, dan juga kerak telur, masakan khas nusantara lain juga siap memanjakan lidah para pengunjung dengan kekhasan rasa yang ditawarkan.

Ada pempek, nasi liwet, soto bogor, laksa, sate maranggi, nasi bali, toge goreng, sampai jajajan-jajanan kecil seperti cimol dan cilok khas Bandung, juga comro misro. Kesejukan es cendol bandung dan es podeng serta beraneka minuman lain.