USB Tipe C Anti Malware

      Comments Off on USB Tipe C Anti Malware

Beberapa perangkat seperti smartphone dan komputer jinjing yang dirilis dalam sebagian tahun terakhir ini sudah memakai konektor USB Type-C alias USB-C. Ke depan, macam port yang berbentuk simetris ini kemungkinan besar bakal makin banyak diadopsi. USB-C mempunyai kecepatan transfer data dan energi lebih lebih kencang dengan beban lebih banyak cuma dengan satu kabel.

Meskipun seperti itu, dari sisi keamanan siber dan hardware, USB-C dirasa masih rentan. Para analis sekuriti sudah mewanti-wanti bahwa hacker dapat menyuntikkan malware ke adapter atau kabel charger cuma dalam sebagian detik. Malware hal yang demikian dapat mengancam komputer atau perangkat yang memakai USB-C.

Kecuali itu, perangkat charger yang tak kompatibel dapat saja menyalurkan keluaran energi yang tak layak sehingga berpotensi merusak perangkat. Metode ini menjadi kekhawatiran bagi USB Implementers Forum (USB-IF), sebuah institusi swadaya yang mewujudkan dan mempromosikan pemakaian teknologi USB. Itulah kenapa mereka meluncurkan USB Type C Authentication Program yang bertujuan untuk membikin cara USB-C lebih aman.

Program ini akan meningkatkan keamanan perangkat yang mengadopsi USB-C, bagus dari sisi sekuriti kepada malware maupun keluaran energi yang tak layak. Standar protokol USB type C Authentication akan mengidentifikasi dan melaksanakan otentikasi kepada charger USB-C, perangkat dan kabel yang bersertifikat. Seperti kerjanya mengandalkan otentikasi cyptographic 128-bit. Melainkan kabel atau media penyimpanan USB-C tertancap ke gadget, dikala itu juga gadget akan mengenali akta dan spesifikasi perangkat yang terhubung.

Dengan demikian, gadget akan dapat mencegah progres transfer data (malware) atau keluaran energi yang merusak bila perangkat USB type C yang terkoneksi tidak mempunyai sertifikasi atau tak kompatibel. Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, kini USB type C Authentication masih bersifat opsional. ke depan, tidak menutup kemungkinan program ini akan sepatutnya disematkan di segala perangkat USB-C guna meningkatkan keamanan. Apalagi, USB-C memang digadang-gadang menjadi standar tunggal untuk segala perangkat komputer dan gadget di masa depan. Agaknya perlu digunakan pengamanan sebanyak mungkin supaya konektor universal ini tidak rentan dioprek tangan-tangan bandel.