5 Hal Yang Sepatutnya Dikenal Seputar Pelumas Mesin

      Comments Off on 5 Hal Yang Sepatutnya Dikenal Seputar Pelumas Mesin

Pelumas mesin ialah salah satu kunci mesin yang sehat, sebab cairan ini akan menjaga dan melumasi bagian di dalam mesin kendaraan beroda empat supaya konsisten berprofesi pantas dengan fungsinya. Walaupun seperti itu, tidak bisa diacuhkan bila banyak orang yang tak mengenal banyak hal kabar mengenai pelumas mesin ini. Kebanyakan ialah mengenai apa saja jenisnya? Bagaimana tahapan kualitasnya? Kapan ketika yang ideal untuk mengganti pelumas mesin? Dan mungkin mitos yang berhubungan dengan pelumas ini. Berikut ini ialah lima hal yang perlu dikenal berhubungan dengan pelumas mesin:

Jenis Pelumas Mesin

Secara biasa ada tiga ragam pelumas mesin yang ada di pasaran, merupakan pelumas mineral, pelumas semi-sintetis dan pelumas full-sintentis. Apa di antara ketiganya? Pelumas mineral ialah pelumas yang bahan dasarnya ialah minyak mentah yang didestilasi. Ini ialah pelumas yang telah lama dipakai pada kendaraan, dan untuk meningkatkan kualitasnya, sebagian produk pelumas mineral ditambahkan dengan aditif. Pelumas semi-sintetis ialah pelumas dengan bahan dasar campuran antara pelumas mineral dengan bahan pelumas sintetis yang terbuat dari bahan kimia. Pelumas tipe ini mempunyai keunggulan-keunggulan pelumas mineral sekalian pelumas sintetis, kecuali itu, harganya juga lebih relatif murah dibandingi pelumas full-sintetis. Pelumas semi-sintetis juga bisa berprofesi di pelbagai tahapan suhu mesin.

Baca : Anti karat

Sementara pelumas full-sintetis yakni pelumas yang dihasilkan sepenuhnya dengan bahan kimia sintetis. Pelumas ini mempunyai energi bendung yang bagus untuk perubahan temperatur mesin dan bisa beroperasi di keadaan yang paling ekstrim sekalipun. Viskositas pelumas ini juga amat tinggi dan kapabel melindungi bagian mesin lebih bagus dibandingi tipe pelumas lainnya.

Level Pelumas Mesin

Soal tahapan pelumas, ialah hal yang yakni komponen penting dari pemilihan pelumas mesin paling sesuai dengan kendaraan beroda empat yang kita miliki. Sesungguhnya, tahapan pelumas mesin apa yang paling ideal untuk kendaraan beroda empat senantiasa tercantum pada buku tanda kepemilikan kendaraan beroda empat pun mekanik di bengkel sah kendaraan beroda empat Anda sekalipun telah hafal apa yang paling sesuai. Walaupun seperti itu ada bagusnya Anda mengenal soal hal ini. Level pelumas didasarkan pada tingkat kekentalan oli atau viskositas. Sebuah badan merupakan Society of Automotive Engineers (SAE) sudah menentukan tahapan kekentalan ini dengan angka mulai 0, 5, 10, 15 dan seterusnya, lazimnya kian besar angkanya, kian kental pelumasnya. Ketika ini di pasaran terdapat kekentalan pelumas yang multi-tingkat, yang artinya pelumas ini mempunyai tingkat kekentalan yang bisa berubah-ubah pantas dengan temperatur mesin. Jadi bila Anda mempunyai pelumas yang tertulis 10W40 (W berarti Winter atau dingin) artinya ketika keadaan mesin dingin, kekentalannya berada di tingkat 10 dan pada keadaan mesin panas di temperatur 100 derajat celcius, tingkat kekentalan pelumas berada di tingkat 40.

Waktu Penggantian Pelumas

Sebagai bagian penting yang melumasi mesin, pelumas senantiasa berprofesi dengan perubahan temperatur yang ekstrim dan seiring berjalannya waktu, kualitasnya menurun serta menjadikan sisa-sisa karbon. Hal ini membikin penggantian pelumas secara periodik amat dibutuhkan, sehingga mesin Anda akan senantiasa berada di keadaan terbaiknya. Waktu penggantian oli lazimnya dikerjakan secara periodik tiap-tiap 5.000 km atau 10.000 km. Tiap-tiap pelumas memilikijangka waktu penggantian yang sudah ditetapkan, dan bila Anda mempunyai kendaraan beroda empat baru, lazimnya waktu penggantian pelumas mesin sudah ditetapkan pada buku tanda perawatan kendaraan beroda empat. Kecuali itu, meski kendaraan beroda empat yang Anda miliki jarang dipakai, ada bagusnya untuk senantiasa mengganti pelumas tiap-tiap enam bulan sekali.

Periksa Tingkat Pelumas Mesin

Walaupun rutin mengerjakan penggantian pelumas, ada bagusnya untuk juga memeriksa tahapan isi pelumas mesin Anda, setidaknya tiap-tiap pekan. Untuk mengetahuinya, pakai dipstick oli yang ada di mesin Anda. Pastikan mesin kendaraan beroda empat Anda dalam keadaan mati, kemudian cabut dipstick dan bersihkan memakai lap sebelum usul kembali ke lubang pemeriksaan pelumas. Lalu cabut kembali dipstick dan amati posisi pelumas di ujung dipstick, apakah masih berada di garis atau lubang ‘Full’ yang lazimnya tercantum di ujung dipstick. Sekiranya pelumas kurang dari mesti, ada bagusnya untuk menambahkan pelumas dengan tahapan kekentalan yang sama dengan sebelumnya. Sekiranya kekurangan pelumas tak jarang terjadi, Anda semestinya langsung berkonsultasi dengan bengkel langganan Anda untuk mengenal penyebabnya.

Baca juga : Chain lube

Mitos Soal Pelumas Mesin

Ada mitos yang berhubungan dengan pelumas mesin, salah satunya ialah bahwa kita tak bisa merubah-ubah tipe pelumas mesin yang dipakai pada kendaraan beroda empat. Umpamanya kendaraan beroda empat yang telah selama ini memakai pelumas berjenis mineral, tak bisa memakai pelumas full-sintetis. Pada kenyataannya, Anda bisa merubah tipe pelumas yang dipakai kapan malah, selama tahapan kekentalannya pantas dengan anjuran yang dikasih oleh pabrikan kendaraan beroda empat Anda.