Lima Tips Bermanfaat untuk Mencuci Mobil Anda di Rumah (Part 2)

      Comments Off on Lima Tips Bermanfaat untuk Mencuci Mobil Anda di Rumah (Part 2)

 

Menjaga kebersihan dan umur mobil Anda adalah aspek penting dalam kepemilikan mobil. Selain memastikan bahwa mobil Anda terlihat bagus di jalan, mencuci dan membersihkan mobil dengan tepat juga dapat membantu memperpanjang umur kendaraan Anda.

Namun semua itu hanya akan terjadi, jika Anda mencuci kendaraan Anda dengan benar. Untuk itu, simak 5 tips penting untuk membantu Anda menjaga mobil Anda tetap bersih berikut ini.

Selalu gunakan dua ember, bukan satu.

Kesalahan pencucian mobil terbesar adalah praktik umum membilas spons kotor dalam ember busa yang bersih. Ketika Anda melakukan ini, Anda tidak akan menghilangkan kotoran, justru Anda baru saja meletakkan grit dan kotoran yang sama kembali ke mobil dan menyebarkannya. Jadi, gunakan satu ember untuk air sabun bersih Anda dan yang kedua (penuh air bersih) untuk membilas spons kotor itu. Setelah spons dibilas seluruhnya, celupkan kembali ke dalam air sabun dan lanjutkan.

Jangan pernah menggunakan spons yang sama untuk ban dengan yang Anda gunakan untuk bodi mobil!

Roda, dop roda, dan ban karet mengumpulkan segala macam senjata abrasif yang tidak Anda inginkan di dekat cat mobil Anda. Untuk itu, jangan pernah menggunakan alat yang sama untuk mencuci ban dengan mencuci bodi mobil Anda! Bahkan jika Anda merasa perlu, berinvestasilah dalam produk pembersih roda/ban khusus. Pembersih roda berbasis air dan tidak korosif yang cocok untuk semua jenis roda adalah pilihan paling aman.

Setelah mobil benar-benar dibilas dengan air, cuci mobil per bagian, bergerak secara sistematis dari atas ke bawah.

Urutan mencuci mobil yang tepat adalah muali dari atap, kemudian penopang jendela dan jendela, kemudian bagian atas kap mesin dan panel atas, diikuti oleh bagian tengah pintu dan boot, bumper depan, panel bawah, bagian bawah pintu dan akhirnya bumper belakang. Kemudian Anda dapat menangani roda dan ban. Perlu diperhatikan juga saat Anda memberikan bilasan terakhir pada kendaraan Anda. Cara yang terbaik adalah menggunakan selang tanpa nozzle, sehingga air mengalir dengan lembut ke seluruh mobil. Ini akan meninggalkan lebih sedikit bercak.

Bintik-bintik air adalah endapan mineral yang tertinggal ketika air menguap, jadi proses mengeringkan mobil Anda sama pentingnya dengan mencuci dengan benar. Gunakan handuk microfiber besar untuk pengeringan bebas gores; Anda juga bisa menggunakan squeegee silikon ‘cat-aman’ untuk menghilangkan sebagian besar kelembaban awal.

Hal ini dikarenakan handuk microfiber lebih banyak menyerap daripada handuk kain chamois atau terry, dan lebih cepat kering. Setelah mobil benar-benar kering, meremajakan kilau wax yang ada dengan sejumlah produk wax semprot yang dirancang untuk tujuan tersebut.

Itulah 5 tips penting untuk membantu Anda menjaga mobil Anda tetap bersih. Selain tips di atas, saran mencuci mobil yang paling penting adalah mencuci mobil Anda lebih sering daripada yang Anda lakukan sekarang. Sekali dua minggu (atau bahkan sekali seminggu) sama sekali tidak terlalu banyak, terutama jika Anda mengemudi di daerah di mana mobil Anda menjadi sangat cepat kotor.

Namun sebelum Anda melakukan cuci mobil sendiri, maka Anda memerlukan alat cuci mobil yang tepat dan berkualitas. Bagi Anda yang ingin memperoleh berbagai jenis alat cuci mobil yang tepat dan berkualitas, maka Anda dapat memperolehnya melalui teknikmart.com, sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online.

Sebagai perusahaan penjualan online, Teknikmart terus berusaha memberikan pengalaman terbaik serta solusi terlengkap bagi semua kebutuhan perkakas Anda, baik untuk kebutuhan penunjang industri, rumah tangga, maupun hobi Anda.