Tips Sebelum

      Comments Off on Tips Sebelum

PABX sekarang sudah menjadi alat yang di butuhkan untuk komunikasi dalam sebuah perusahaan atau kantor yang mempunyai banyak pesawat telepon. Sekarang ini banyak kantor yang menginginkan membeli PABX untuk small business atau untuk kantornya tetapi masih belum mengerti bagaimana cara membeli PABX yang cocok.

Dalam membeli PABX untuk kantor Anda, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda ketahui yaitu Kapasitas PABX, Harga PABX, Fitur PABX dan Upgrade Metode untuk PABX. Berikut ini akan kami berikan 4 tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli PABX berikut ini:

1. Kapasitas PABX

Hal yang dimaksud dalam kapasitas PABX yaitu jumlah keperluan Anda dalam pemakaian PABX serta jumlah trunk line yang ada pada PABX. Trunk lines sering kali disebut juga sebagai CO Lines / Koneksi Public Switched Telephone Network untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

Dan juga yang di maskud dengan Ekstension adalah jumlah telepon ekstensi yang akan dipasang di kantor. Untuk mempertimbangkan banyaknya CO Line tergantung pada banyaknya pos-pos penting yang membutuhkan konektivitas langsung dengan telepon luar.

Baca juga: Transtel

Jika kantor Anda banyak melakukan kegiatan dibidang pemasaran tentu Anda memerlukan CO line yang lebih banyak dibandingkan dengan kantor yang hanya sekadar melakukan pengembangan produk. CO line bisa berbentuk digital atau analog. Jumlah line untuk Analog Co line yaitu koneksi PSTN umum dan jumlah CO line untuk digital umumnya diawali dari 30 port digital.

Pertumbuhan masa mendatang pada organisasi dalam jumlah pegawai dalam jangka waktu tertentu merupakan salah satu unsur penting dalam memilih Type dan Kapasitas PABX .

2. Kemampuan Upgrade PABX

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam membeli PABX yaitu kemampuan untuk di Upgrade atau kemampuan PABX dalam menambah kapasitasnya. Hal ini merupakan hal yang penting karena ada sebagian PABX yang tidak bisa di Upgrade kapasitasnya. Kemampuanan Upgrade PABX merupakan hal yang penting jika Anda merupakan perusahaan yang sedang berkembang.

Akan merepotkan jika Anda memerlukan kapasitas yang lebih dalam pemakaian PABX, tetapi PABX Anda yang lama tidak bisa di upgrade. Selain itu pertimbangkan juga masalah biaya upgrade dalam pembelian PABX tersebut secara teliti, jangan sampai Anda terjebak dengan biaya upgrade yang tinggi.

Cek Juga: IP PABX

3. Harga PABX

Harga PABX merupakan unsur yang benar-benar penting dalam membeli PABX. Tiap orang pasti mencari harga PABX yang murah tetapi harga murah juga harus Anda perhatikan kualitas PABX tersebut. Selain dari harga PABX itu sendiri Anda juga harus memperhatikan harga komponen dalam sistem PABX seperti instalasi kabel, Backup Power Supply PABX, Penempatan dan sistem rank dan lain-lain.

Terkadang PABX yang lebih murah dengan konfigurasi dan bobot yang sama, tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dibanding dengan PABX yang relatif lebih mahal harganya. Biaya pemeliharaan sistem PABX dan dukungan vendor dalam pelayanan purna jual merupakan hal lainnya yang juga harus dipertimbangkan.

4. Fitur PABX

Sekarang ini PABX sudah mempunyai berbagai fitur tergantung dengan macam dan variasi PABX tersebut. Akan tetapi PABX yang bagus setidaknya mempunyai fitur yang tertera di bawah ini:

– Call transfer
– Caller ID
– Call Conferencing
– Auto attendant
– Call Forwarding

Untuk fitur canggih seperti pesan suara, CTI (Computer Telephony Integration) memang saat ini masih tinggi harganya tapi CTI benar-benar bermanfaat dalam pemakaian jangka panjang.

Kunjungi Juga: NEC Indonesia