Pengetahuan

Pipa Stainless Steel vs Tabung Instrumentasi

Meskipun Anda mungkin melihat pipa dan tabung digunakan secara bergantian ketika berbicara tentang produk baja tahan karat, mereka sebenarnya adalah barang yang berbeda — baik dalam hal bagaimana mereka dijelaskan dan penggunaan umum mereka.

Dalam panduan ini, kita akan melihat pertimbangan kritis –seperti ukuran, bentuk produk, dan penggunaan tipikal –saat menentukan pipa baja tahan karat atau tabung instrumen terbaik untuk proyek Anda.

Pipa dan Tabung: Apa Bedanya?

Sepintas, pipa dan tabung adalah benda logam berongga berbentuk silinder yang digunakan dalam proses perpipaan untuk memindahkan berbagai bahan dari satu titik ke titik lain, tetapi ada lebih dari itu.

Penggunaan untuk Tabung Instrumen dan Pipa Stainless Steel

Pemipaan dirancang untuk memindahkan dan mengarahkan aliran cairan, gas, dan bahan lain antara area penyimpanan, area pemrosesan, dan bagian lain dari proses yang dimaksud.

Tabung instrumen sering digunakan bersama sistem perpipaan ini, memungkinkan integrasi pengukur tekanan, sakelar tekanan, katup, monitor aliran, dan instrumentasi penting lainnya untuk membantu keselamatan, otomatisasi, dan aspek lain dari operasi sistem perpipaan.

Simak Juga: Lampu Explosion Proof

Ukuran Pipa dan Tabung

Untuk pipa, pengukuran yang paling kritis adalah ukuran pipa nominal (NPS) dan ketebalan dinding (disebut juga skedul).

Misalnya, pipa NPS 4 sebenarnya memiliki diameter luar 4,5 inci (114,3mm).

Ketika pipa sama dengan atau lebih besar dari 14 “NPS, ukuran (14” dalam hal ini) kemudian menunjukkan diameter luar.

Sebaliknya, ukuran tabung biasanya berfokus pada diameter luar (OD) dan ketebalan dinding.Jadi, tabung 4 inci memiliki OD tepat 4 inci.

Ini karena ukuran pipa sering kali menentukan kapasitas dan volume keseluruhan sementara pipa instrumental biasanya memiliki pertimbangan lain seperti peringkat tekanan.

Dengan demikian, ukuran tubing juga lebih presisi dan biasanya memerlukan jaminan kualitas yang lebih besar dan toleransi yang lebih ketat daripada perpipaan.

Desain Pipa dan Tabung Instrumen

Karena ukurannya yang lebih kecil, produsen dapat menggabungkan tabung untuk membuat satu unit dengan beberapa jalur tabung.

Dengan menggabungkan beberapa tabung menjadi satu bundel, Anda dapat sangat mengurangi kerumitan dalam jangka panjang dan meminimalkan kebutuhan ruang baki kabel.

Pendekatan ini juga mengurangi stres dan potensi kerusakan elemen selama perutean instalasi.

Sambungan Ujung Pipa dan Tabung

Dalam kebanyakan kasus, pipa akan menggunakan ujung miring, berulir, atau polos.

Tabung biasanya dipotong memanjang dengan pemotong tabung, kemudian dihaluskan untuk alasan keamanan dan aliran.

Hal ini memungkinkan sambungan cepat fitting dan katup dengan kompatibilitas yang lebih besar dengan berbagai komponen instrumentasi.

Cek Juga: Tubing SS316

Pembuatan Pipa dan Tabung

Semua tabung akan menjalani pemeriksaan kualitas dimensi untuk kelurusan, kebulatan, ketebalan dinding, dan permukaan selama pembuatan.

Sementara pipa masih tunduk pada toleransi yang ketat, kemampuan untuk memproduksi massal ukuran dan jenis pipa yang paling umum memungkinkan pesanan massal dan pengiriman lebih cepat.

Karena volume tinggi, pipa sering diproduksi secara terus menerus untuk distribusi di seluruh dunia.

Jika Anda mencari tabung untuk proyek Anda berikutnya, pastikan untuk merencanakan waktu produksi dan pengiriman yang diperlukan untuk menghindari kejutan yang tidak terduga.

Pengemasan Pipa dan Tabung

Sebagian besar pipa dibundel dan diamankan untuk pengiriman, karton sering dikemas dalam tabung karton untuk pengiriman massal karena ukurannya.

Namun, karena tabung instrumentasi sering diproduksi dalam diameter yang jauh lebih kecil, oleh karena itu dan gulungan sering digunakan untuk memungkinkan penyimpanan yang lebih kompak dan transportasi yang lebih mudah.

Kesimpulan

Sementara pipa dan tabung instrumentasi mungkin terlihat serupa sekilas, mereka berbeda dalam banyak hal.

Ukuran didekati secara berbeda untuk kedua jenis produk. Memahami dengan tepat apa yang Anda butuhkan sangat penting untuk mengoptimalkan pengeluaran dan pemasangan yang tepat.

Karena tubing tunduk pada persyaratan yang lebih ketat dan proses manufaktur volume rendah, seringkali lebih mahal daripada perpipaan yang diproduksi secara massal jika dibandingkan dengan beratnya.

Kunjungi Juga: IS Barrier

Comments Off on Pipa Stainless Steel vs Tabung Instrumentasi