Tips

Keuntungan yang Didapatkan Dari Investasi Saham

Investasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah uang atau aset. Investasi pun banyak beragam jenisnya. Namun dari sekian banyak jenis investasi, investasi saham bisa dikatakan merupakan jenis investasi yang paling banyak mengantongi keuntungan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi saham.

Kunjungi Juga : SCF Syariah & SCF

1. Penghasilan Dividen

Salah satu bentuk keuntungan dari investasi saham ini adalah pembagian dividen. Dividen sendiri adalah pembagian sebagian keuntungan atau laba perusahaan kepada sekelompok pemegang sahamnya, sebagaimana ditentukan oleh dewan direksi perusahaan. Pembagian ini dapat mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik atau investor. Semakin banyak saham yang Anda miliki pada perusahaan tersebut atau semakin banyak Anda menanamkan uang pada perusahaan,maka semakin banyak juga penghasilan dividen yang akan Anda peroleh setiap tahunnya. Adapun penghasilan dividen yang Anda peroleh ini dapat Anda gunakan untuk membantu dana pensiun Anda nantinya atau digunakan untuk membiayai investasi lainnya yang dimiliki seiring bertambahnya portofolio investasi Anda.

2. Diversifikasi

Diversifikasi merupakan sebuah strategi mengalokasikan dana ke beberapa instrumen keuangan, industri atau kategori lainnya untuk mengurangi risiko dalam investasi saham. Diversifikasi dapat membantu Anda dari kerugian atas produk investasi lainnya. Selain itu, kelebihan lainnya dari diversifikasi investasi saham adalah untuk meminimalisasi risiko kerugian dalam perusahaan yang bisa menambah potensi untuk keuntungan yang lebih besar dan cepat.

Artikel Lainnya : Bisnis Franchise / Waralaba

3. Kepemilikan

Membeli saham sebuah perusahaan artinya Anda dapat bagian dalam memiliki perusahaan tersebut. Walaupun tidak 100% milik Anda, tapi tetap disebut sebagai pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan semakin besar saham yang Anda miliki artinya semakin penting suara Anda dalam menentukan sebuah keputusan dalam bisnis. Bahkan jika Anda memiliki saham pada tempat Anda bekerja, itu mampu memberikan keuntungan tambahan, yaitu sebagai cara mengekspresikan kesetiaan kepada perusahaan dan juga sebagai bentuk untuk mendukung kesuksesan pada perusahaan tempat Anda bekerja.

4. Transparansi

Untuk memenuhi segala kebutuhan orang, baik investor atau tidak, dalam hal penilaian dan penetapan harga, pasar saham memiliki sistem kerja yang transparan. Adapun transparansi ini berguna bagi para investor sebagai bentuk untuk memastikan bahwa dana yang mereka investasikan tidak berisiko karena propaganda atau masalah internal perusahaan.

5. Mempunyai kesempatan investasi di pasar saham dunia

Berinvestasi saham dapat membuka kesempatan Anda untuk berinvestasi di pasar saham dunia yang terdaftar di bursa efek. Anda bisa berinvestasi pada perusahaan luar yang sedang merencanakan ekspansi bisnis agar pesaingnya tidak banyak dan harga stok yang tidak terlalu tinggi.

Itulah beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi saham. Namun, perlu dipahami bahwa di balik hasilnya yang tinggi, investasi jenis ini juga mempunyai risiko yang juga tinggi. Jadi, penting bagi Anda untuk memahaminya terlebih dahulu sebelum memulai investasi saham, termasuk mempelajari bagaimana cara meminimalisir resiko dan memaksimalkan keuntungan. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi saham, maka Anda dapat berinvestasi bisnis / modal kecil pada PT. Investasi Digital Nusantara atau biasa disebut Bizhare.

 

Sumber Artikel : https://www.media.bizhare.id/post/keuntungan-investasi-saham

Info Lainnya : https://www.bizhare.id/

Comments Off on Keuntungan yang Didapatkan Dari Investasi Saham