Food,  Tips

Cara Memasak Steak Di Atas Kompor

Begini cara memasak steak di atas kompor seperti restoran! Mereka lembut dan berair dengan kerak yang lezat. Hemat uangmu dan buat steak yang luar biasa lezatnya di rumah.

Saya pikir makanan favorit saya sepanjang masa adalah steak jadi saya harus mencari cara untuk membuat steak. Steak yang kami inginkan adalah steak yang juicy dan lembut dengan rasa dan kerak di bagian luar. Memasak steak di atas kompor memberi kita semua hal ini!

Jenis Steak Apa yang Harus Saya Beli?

Steak favorit kami untuk digoreng dalam wajan adalah New York Strip Steak juga dikenal sebagai Strip Steak atau Kansas City Strip Steak. New York Strip Steak empuk tetapi masih memiliki tekstur kenyal, dan tanpa tulang dengan jumlah marmer yang baik (lemak mengalir di seluruh untuk rasa dan kelembapan) tanpa memiliki banyak lemak. Carilah New York Strip tebal yang rata dan ukurannya cukup merata di kedua ujungnya.

Cek Juga: Catering Makanan Sehat Jakarta

Mengapa Membawa Steak ke Suhu Ruangan

Sebelum mulai memasak steak, biarkan steak pada suhu ruangan selama 20-30 menit. Ini akan mengurangi perbedaan suhu antara panci panas dan steak dan memungkinkan steak yang lebih juicy dan matang secara merata.

Karena suhu awal steak lebih tinggi, ini berarti waktu yang dibutuhkan untuk memasak steak ke suhu internal yang Anda inginkan lebih sedikit dan itu berarti steak akan terlihat lembab selama memasak.

Metode yang sama berlaku saat memasak steak di atas panggangan.

Setelah membiarkan steak mencapai suhu kamar, panaskan wajan tugas berat (atau besi tuang) dengan api besar sampai wajan sangat panas dan mulai berasap.

Sementara wajan sedang memanas, gerimis minyak zaitun di atas steak dan taburi dengan garam laut dan lada hitam yang baru digiling.

Lihat Juga: Catering Diet Jakarta

Setelah wajan panas, gunakan penjepit untuk menambahkan steak dengan hati-hati. Jangan memadati steak di dalam wajan. Jika Anda memiliki wajan kecil, Anda mungkin harus memasaknya satu per satu.

Tekan perlahan steak dengan penjepit (Anda tidak ingin menekan terlalu keras dan memeras jusnya) untuk memastikan bagian bawahnya bersentuhan penuh dengan wajan dan steak mendapatkan kerak terbaik.

Gunakan penjepit untuk membalik steak setiap menit dan sekali lagi, tekan perlahan bagian atas agar bagian bawah bersentuhan dengan panci.

Selama salah satu flips, Anda juga dapat menggunakan penjepit untuk menahan steak di ujungnya untuk memasak lemak.

Selama dua menit terakhir memasak steak, taburi dengan mentega bawang putih sebelum membaliknya untuk menit terakhir memasak. Tambahkan mentega bawang putih tambahan ke setiap steak.

Saatnya Memasak Steak

Lamanya waktu memasak steak tergantung pada seberapa tebal steak dan bagaimana Anda ingin memasaknya. Anda dapat menggunakan termometer untuk memeriksa suhu. Untuk medium rare, suhunya harus 130˚F, 140˚F untuk medium dan 160˚F untuk well done.

Kami memasak Steak Strip New York yang kental selama total 7-9 menit untuk mendapatkan steak yang dimasak sedang. Untuk langka, itu akan menjadi 5-7 menit dan untuk dilakukan, itu akan memakan waktu 10-12 menit.

Pindahkan steak ke piring atau piring. Tuangkan tetesan panci di atas steak untuk rasa ekstra. Kemudian, biarkan steak beristirahat selama lima menit sebelum disajikan.

Simak Juga: Steak Terbaik Jakarta

Apa yang Harus Disajikan Dengan Steak?

Ingin tahu apa yang harus disajikan dengan steak yang dimasak dengan sempurna itu? Cobalah salah satu resep berikut.

Kentang Panggang Oven: Kentang Panggang Oven yang lezat ini lembut dan empuk di dalam dan renyah di luar. Lauk yang mudah ini cocok dengan begitu banyak makanan dan semua orang menyukainya!

Corn On The Cob: Ingin tahu berapa lama merebus jagung rebus? Kami membuat Anda tertutup dengan jagung rebus klasik ini pada resep tongkolnya. Sajikan panas dengan banyak mentega dan garam.

Salad Cranberry Bacon: Salad Cranberry Bacon ini adalah resep favorit keluarga. Salad ini adalah selada, kembang kol, bacon, dan cranberry kering dengan mayones buatan sendiri dan saus parmesan.

Sayuran Panggang Oven: Sayuran Panggang Oven Karamel adalah lauk terbaik dan cara yang bagus untuk membuat keluarga makan lebih banyak sayuran! Kami membuatnya untuk setiap makan malam liburan.

Bahan

– 2 Steak Strip New York
– 2 sdm minyak zaitun
– 2 sdt garam laut
– 2 sdt lada hitam yang baru digiling
– 2 sdm mentega
– 1 sdt bawang putih cincang
– 1 sdt peterseli

Baca Juga: Restoran Diet

Instruksi

– Keluarkan steak dari lemari es dan biarkan pada suhu kamar selama 20-30 menit sebelum dimasak.
– Campur mentega, bawang putih cincang, dan peterseli dalam mangkuk kecil. Menyisihkan.
– Panaskan wajan tugas berat (atau wajan besi cor) dengan api besar sampai sangat panas dan mulai berasap.
– Sambil menunggu wajan panas, gerimis kedua sisi steak dengan minyak zaitun dan taburi dengan garam laut dan lada hitam yang baru digiling.
– Setelah wajan siap, gunakan penjepit untuk menambahkan steak dengan hati-hati. Tekan perlahan steak dengan penjepit untuk memastikan bagian bawahnya bersentuhan penuh dengan panci.
– Masak selama 7-9 menit dengan api sedang, balik setiap menit. Selama dua menit terakhir memasak steak, taburi dengan beberapa mentega bawang putih sebelum membaliknya untuk menit terakhir memasak. Tambahkan mentega bawang putih tambahan ke bagian atas setiap steak. Anda dapat menggunakan penjepit untuk menahan steak di ujungnya untuk memasak sisi dan lemak selama salah satu putaran.
– Pindahkan steak ke piring atau piring. Tuangkan tetesan panci di atas steak dan biarkan selama 5 menit sebelum disajikan.

Catatan

Untuk medium rare, suhunya harus 140˚F, 155˚F untuk medium dan 165˚F untuk well done. Masak selama 6-8 menit untuk medium-rare, 7-9 menit untuk medium, 5-7 menit, dan 10-12 menit untuk well done.

Kunjungi Juga: Resto Steak di Jakarta

Comments Off on Cara Memasak Steak Di Atas Kompor